Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Sekian lama saya bergelut dengan dunia komputer, membuat komputer ibarat candu bagi saya. Rasanya suntuk kalau tidak berhadapan dengan komputer.
Namun demikian ada satu hal yang sangat penting bagi orang orang yang setiap harinya harus berhadapan dengan komputer. Yaitu menjaga kesehatan mata. Kebanyakan orang beranggapan bahwa orang komputer pasti menggunakan kaca mata. Entah matanya minus atau plus atau sekedar gaya gayaan.
Ada seorang teman bertanya kepada saya, apa resepnya agar mata tidak mengalami kerusakan seperti minus atau plus. Sebetulnya jawabannya sangat sederhana. Layaknya sebuah mesin yang sedang bekerja pasti suatu saat memerlukan istirahat, begitu juga dengan organ tubuh yang satu ini.
Mata yang secara terus menerus menghadapi monitor komputer akan mengalami ketegangan dan kelelahan. Ketegangan dan kelelahan inilah yang mengakibatkan mata menjadi rusak.
Ada efek lain yang mungkin sering kita rasakan ketika sedang asik menggunakan komputer yaitu pusing dan mual. Terkadang kita sering mengabaikan peringatan dari dalam tubuh ini. Ketika orang sudah mengalami pusing atau mual ini seharusnya berhenti dulu dari aktifitas menggunakan komputer, gejala ini merupakan pertanda bahwa tubuh sudah mengalami kelelahan. Selain pusing dan mual ada juga rasa panas atau nyeri di bahu / punggung
Saya pernah membaca artikel mengenai kesehatan mata bagi pengguna komputer (maaf saya lupa sumbernya). Intinya bahwa pada saat bekerja dengan komputer, mata kita tidak boleh secara terus menerus memandang monitor. Berikan interval setiap 15 menit hingga 30 menit untuk istirahat dari memandang komputer, alihkan pandangan atau bisa dengan memejamkan mata selama 1 menit.
Ketika sudah mencapai waktu 1 atau 2 jam menggunakan komputer usahakan untuk relaksasi dengan menggerakkan anggota tubuh atau bisa juga dengan berjalan jalan. Hal ini berguana untuk melancarkan kembali peredaran darah. Sehingga efek punggung yang panas atau nyeri bisa di hindari dan juga memberikan istirahat kepada mata agar tidak rusak.
Semoga saja resep sederhana ini bisa menjaga mata atau mencegah mata dari kerusakan.